Pesta Santo Fransiskus Xaverius, Imam, Pelindung Misi : 

Embun Pagi:

Sabtu Pahing 3 Desember 2016  

Pesta Santo Fransiskus Xaverius, Imam, Pelindung Misi :

1 Kor. 9: 16-19, 22-23;

Mrk. 16:  15-20.

Kemenangan senantiasa ditegakkan atas kekalahan. Karena itu ada sekelompok orang yang bersorak-sorai kegirangan atas kemenangan itu dan ada sekelompok lain yang diam, sedih dan prihatin menelan kekalahannya. Apakah itu suatu aturan main kehidupan?

BEDA SAKRAMEN DAN PEMBERKATAN PERNIKAHAN.

Sakramen perkawinan adalah janji perkawinan yang saling diberikan dan dijalankan oleh dua orang yang dibaptis dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Mereka berjanji setia satu sama lain sampai mati memisahkan mereka, dan mereka berjanji saling menghormati dan mencintai, dengan modelnya atau contohnya adalah Tuhan Jesus Kristus yang mencintai secara total umat manusia (modelnya bukan artis atau manusia yang mencintai Tuhan, tapi Tuhan yang mencintai umat manusia seluruhnya).

Hukum Gereja Mengenai Pernikahan Katolik

 

Arti Perkawinan Katolik

Arti perkawinan katolik menurut KHK1983 kan.1055 §1 adalah perjanjian (foedus) antara seorang laki-laki dan seorang perempuan untuk membentuk kebersamaan hidup. Latar belakang definisi ini adalah dokumen Konsili Vatikan II, Gaudium et Spes §48). GS dan KHK tidak lagi mengartikan perkawinan sebagai kontrak.

 

Mengasah Nurani dengan Dongeng (1)

DI era tahun 1960–1966, saya masih duduk di bangku SDK St. Angela, Surabaya. Semua pelajaran kala itu kami jalani dengan sepenuh hati. Kami mulai dikenalkan dengan pelajaran Bahasa Indonesia, berhitung, mengarang, ilmu alam, kewarganegaraan, dsb. Tak lupa, murid-murid SD waktu itu juga dilatih belajar keterampilan tangan seperti prakarya, kerajinan tangan. Yang tidak kalah penting tentu saja ‘pelajaran’ budi pekerti.

Ahok harus beradaptasi dgn lingkungannya

Pandangan bijaksana dr Romo Benny : 
Sementara itu, rohaniawan Romo Benny mengatakan bahwa hukum tidak boleh diintervensi. Masyarakat harus menerima apapun hasilnya dengan lapang dada, namun harus tetap mengawasi prosesnya agar tetap transparan.

"Hukum harus ditegakkan dengan fair. Kita harus menerima apapun hasilnya dengan jiwa kstaria. Proses yang transparan itu yang harus diawasi. Hukum tak boleh kalah dengan intervensi apapun," tegas Rm. Benny di tempat yang sama.

Pelajaran untuk Ahok

Renungan 12 November 2016

Pekan Biasa XXXII: 3 Yoh 5-8; Mzm112; Luk 18:1-8

Gereja SANMARE, kena angin puting beliung

DINDING kaca di atas altar Gereja Santa Maria Regina (Sanmare) di Bintaro Sektor 7 telah ambrol, karena tidak mampu menahan besarnya tiupan angin kencang disertai gemuruh petir menyambar sepanjang hari Jumat petang tanggal 11 November 2016 ini. Meski demikian,  acara misa perkawinan sepasang calon pengantin di Gereja Paroki Sanmare Bintaro tetap akan berlangsung.

Demikian beberapa umat Paroki Sanmare mengirim notifikasi kepada Redaksi Sesawi.Net sepanjang Jumat malam ini.

Warta Matius 25 September 2016

Embun Pagi 21 September 2016

Embun Pagi : 21 September 2016 Dino: Rabu Wage, Mongso: Kapat, Wuku: Langkir

Pesta Santo Matius, Rasul, Penginjil :

Ef. 4: 1-7, 11-13; Mat. 9: 9-13.

Merenungkan panggilan Santo Matius adalah sama juga merenungkan misteri panggilan ALLAH sendiri kepada manusia, kepada kita masing-masing. Secara biblis, kalau kita amati panggilan TUHAN itu terlaksana pada saat seseorang sedang bekerja, melakukan kerjaan rutin mereka. Musa dipanggil TUHAN ketika menggembalakan ternak milik Yitro, bapa mertuanya (bdk. Kel. 3: 1-10).

Zircon - This is a contributing Drupal Theme
Design by WeebPal.